THE BLOG

blog post image

Pilihan Tepat Berbisnis Menggunakan Media Sosial

Posted by — 22 / April / 2016

Kini hampir semua orang memiliki smartphone dari orang desa hingga perkotaan tentunya. Dari smartphone yang mereka gunakan tentunya berisikan media sosial seperti facebook, twitter, path, instagram, linkedin hingga G+ atau setidaknya mereka pasti memiliki salah satu akun yang kami sebutkan di atas. Berawal untuk bersosial atau bercengkrama secara online namun nyatanya saat ini media sosial sangat efektif jika digunakan sebagai media promosi dalam mengembangkan bisnis.

Media sosial bukan saja ajang mencari teman lama atau bercengkrama dengan teman yang jauh dari tempat kita beraktifitas, namun dengan media sosial anda juga bisa mulai mengembangkan bisnis. Nyatanya kini semua bisnis pasti memiliki media sosial entah facebook, twitter atau jenis lainnya yang sangat efektif dalam mempromosikan bisnis mereka secara online.

Sudah waktunya untuk anda mulai menggunakan media sosial dengan maksimal untuk kebutuhan bisnis anda. Meskipun tidak secara otomatis akan meningkatkan penjualan anda namun setidaknya dengan media sosial bisnis anda akan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Jika anda sudah memiliki bisnis namun tidak memanfatkan media promosi secara online maka anda menjadi salah satu orang yang sangat ketinggalan dengan pesaing-pesaing anda diluar sana.

Jika anda sudah mengambil langkah untuk melebarkan bisnis anda dengan menggunakan media sosial, yuk perhatikan beberapa hal berikut ini untuk membantu meningkatkan bisnis dengan cara yang tepat:

  1. Facebook

    Apa itu Facebook? Facebook salah satu jaringan sosial terbesar. Di Facebook Anda dapat membagi isi, percakapan, menciptakan acara, dan menyebarkan iklan. Setiap orang pun dapat menggunakan Facebook. Dengan situs media sosial ini, Anda dapat membangkitkan dan membina hubungan dengan klien yang potensial. Lalu bagaimana memaksimal jangkauan Anda? Joe DiNardo dari Blue Fontain Media di kota New York menuturkan, ketika memposting sesuatu di halaman Facebook maka Anda dapat menambahkan nilai di halaman Facebook.
    Anda dapat menambahkan ulasan singkat mengenai bisnis Anda, dan menghubungkannya dengan berita industry. Lalu Anda meminta kepada pengguna untuk umpan balik posting gambar berbagai cerita dunia nyata tentang perusahaan Anda mengenai tantangan. Selain itu, dapat terhubung dengan Anda dalam tingkat pribadi sehingga membuatnya semakin besar untuk mendapatkan klien. Meski demikian, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal yaitu jangan beriklan langsung di halaman Anda. Hal itu dapat membuat orang tidak menyukainya. Sementara Facebook, tempat baik untuk mengatasi keluhan pelanggan, tetapi tidak terllibat dalam diskusi yang panjang.
    "Cobalah untuk membawa keluhan ke dunia Anda, dan merespon secara pribadi, tetapi hanya merespon sekali," tutur Don Sorensen, Pendiri Big Blue Robot.
  2. Twitter

    Salah satu situs yang hanya menampilkan pesan sebanyak 140 karakter atau kurang. Anda dapat menggunakan situs ini untuk mempromosikan acara, berita, membangun basis pelanggan Anda dengan mengembangkan percakapan. Anda dapat menunjukkan keahlian Anda. Orang yang menggunakan Twitter biasanya hanya beberapa jam per minggu untuk membaca, mengirim dan mencari pesan. Untuk memaksimalkan jangkauan Anda, maka gunakan simbol hashtag atau pilihan pencarian lanjutan untuk menemukan pertanyaan yang berhubungan dengan bisnis Anda.  "Dengan membantu dan meningkatkan keterlibatan dengan pembaca maka itu dapat berubah menjadi pelanggan," tutur Dinardo.
    Jika pembaca percaya keahliaan Anda, maka mereka lebih cenderung mengunjungi situs web Anda. Twitter juga baik untuk mengumumkan kesepakatan khusus dan penawaran. Sebaiknya Anda juga jangan terus menerus untuk melakukan retweet. Coba hati-hati membaca artikel sebelum Anda retweet untuk memastikan Anda merasa nyaman dengan ide yang Anda sampaikan. Selain itu, hati-hati dengan waktu karena itu mudah hilang.
  1. LinkedIn

    Ini situs tempat terbesar untuk resume, dan membaca blog berorientasi karir dan artikel berita. Situs ini baik digunakan untuk mempekerjakan, dan jaringan untuk menjangkau klien potensial. Setiap orang pun dapat menggunakan situs ini terutama perusahaan mencari pelanggan baru. Untuk memaksimalkan jaringan ini, Anda dapat menjalin hubungan dengan karyawan potensial berkualitas tinggi. Bergabung dengan Linkedln juga berhubungan dengan perusahaan. Sebaiknya Anda juga jangan terlalu banyak menghabiskan waktu dengan menawarkan produk dan jasa.
  1. Youtube

    Situs ini memiliki lebih dari 1 miliar pengunjung yang unik setiap bulan. Anda dapat menggunakan situs ini membangun kredibilitas dengan menampilkan pengetahuan dan keterampilan. Setiap orang dapat menggunakan situs ini. Penasehat keuangan, pengacara, dan profesional pemasaran dapat merekam sendiri menawarkan tips berharga, dan perusahaan periklanan untuk menampilkan kreativitas mereka. Untuk memaksimalkan situs ini, Liz Joste, co-owner of Eli Rose Social Media menuturkan, buatlah daftar dari 10 pertanyaan yang paling sering ditanyakan dalam industri Anda, dan film sendiri menjawab mereka. Lalu pastikan mengoptimalkan video dengan kata kunci sebanyak mungkin. Sebaiknya Anda juga jangan memposting video panjang, di bawah satu menit. Lalu fokus pada satu pertanyaan atau isu untuk satu video. "Tambahkan URL perusahaan Anda dan lin ke semua akun media sosial lainnya ke saluran Youtube," tutur Jostes.
  1. Pinterest

    Situs ini menjadi tempat untuk membuat dan berbagi link berpusat untuk tema visual. Sebaiknya situs ini mempromosikan merk Anda kepada khalayak perempuan. Para pedagang, produsen dan situs perjalanan dapat menggunakan dengan meminjamkan mereka menjadi gambar. Anda dapat menggunakannya dengan membuat deskripsi yang menarik sehingga orang dapat mencarinya. Meski demikian, sebaiknya jangan mengumbar mengenai buku favorit, fashion dan foto perjalanan Anda. Lalu jangan gunakan gambar hak cipta untuk membuat pin.
  1. Instagram

    Dengan aplikasi ini Anda dapat menerapkan efek berseni untuk foto Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi ini dengan mempromosikan merek Anda melalui gambar. Hotel, restoran, perusahaan produk konsumen, dan perusahaan lain dapat menggunakan foto ini. Menurut data SumAll, pendapatan yang dihasilkan oleh pengikut Instagram adalah 10 kali lebih besar daripada yang dihasilkan oleh seorang pengikut Twitter. Jostes pun merekomendasikan untuk menggunakan hashtag untuk mencari foto produk Anda. Sebaiknya Anda juga jangan membiarkan akun Anda tidur. Perbaharui dengan gambar baru setidaknya setiap minggu.
Pilihan Tepat Berbisnis Menggunakan Media Sosial
JOHN DOE
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.